Senin, 28 Oktober 2019

TUGAS 2

 Analisis Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan
Berbasis Web


BAB I
PENDAHULUAN


 1.1    Latar Belakang Masalah 



Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada hakikatnya berkewajiban untuk memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum setiap peristiwa penting yang dialami oleh penduduk yang berada didalam dan atau diluar wilayah NKRI. Peristiwa kependudukan yang dimaksud antara lain adalah perubahan alamat, pindah datang untuk menetap, tinggal terbatas, serta perubahan status orang asig tinggal terbatas menjadi tinggal tetap, dan peristiwa penting antara lain kelahiran, lahir mati, kematian, prkawinan, perceraian, termasuk pengangkatan, pengakuan, dan pengesahan anak, serta perubahan status kewarganegaraan, ganti nama dan peristiwa penting lainya yang dialami oleh seseorang merupakan kejadian yang harus dilaporkan karena membawa implikasi perubahan data identitas atau surat keterangan kependudukan. Untuk itu setiap peristiwa penting memerlukan bukti yang sah untuk dilakukan pengadministrasian dan pencatatan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang ( Burhanudin 2008 ).

Pencatat dan pengolahan data penduduk merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota, dimana pelaksanaanya diawali dari kelurahan selaku ujung tombak pendaftaran penduduk. Pelayanan tersebut perlu dilakukan dengan cepat dan tepat untuk mendapatkan suatu informasi. Tetapi pada hakekatnya, pengolahan data pada kelurahan atau desa masih dilakukan dalam bentuk pembukuan dalam bentuk arsip-arsip, sehingga sering kali terjadi kesalahan bahkan ada arsip data yanghilang atau rusank karena terlalu banyaknya arsip yang ada. Pada aktivitas pelayanan kependudukan, warga diharuskan mengurus surat-surat permohonan yang diinginkan pada kantor desa/kelurahan dengan mengikuti sejumlah prosedur yang berlaku sehingga dalam pembuatan surat surat tertentu akan memakan waktu dan tenaga yang cukup lama.

Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan, penulis tertarik untuk meneliti dan membangun sebuah system informasi berbasis web dangan judul penelitian “system informasi pelayanan kependudukan berbasis web”, yang diharapkan dapat menyimpan data penduduk secara dinamis serta dapat melayani serta mengajukan permohonan surat kependudukan kapan saja dan dimana saja tanpa harus memakan waktu dan tenaga yang cukup lama.

1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka terdapat
permasalahan yaitu :
1.  Bagaimana membuat sistem informasi pelayanan kependudukan?
2. Bagaimana kelayakan sistem informasi pelayanan kependudukan berdasarkan
pengujian sistem dengan black box testing dan keakuratan sistem informasi
berdasarkan pengujian pengguna?

1.3    Batasan Masalah  
Adapun pembatasan masalah pada penelitian ini adalah :
1.  Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan   ini hanya dibuat pada tingkat desa
atau kelurahan.
2.  Kota  yang  diujicoba  adalah  Kota Jambi,  kecamatan Jambi Selatan.
3.  Peralatan yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah Personal Computer/ PC
atau laptop, koneksi internet baik menggunakan wifi atau modem, dan web
browser.
4.  Pembuatan Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan ini hanya membuat dan
mengolah data dari surat.

a.   Surat keterangan yang terdiri dari :
1)  Surat keterangan umum
2)  Surat keterangan tidak mampu
3)  Surat keterangan usaha
4)  Surat keterangan domisili tempat tinggal
5)  Surat keterangan domisili usaha.

 b.   Surat pemberitahuan yang terdiri dari :  
1)  Surat pemberitahuan umum

c.   Surat pernyataan yang terdiri dari :
1)  Surat pernyataan umum

d.   Surat pengantar yang terdiri dari :
1)  Surat pengantar umum  
2)  Surat pengantar catatan kepolisian
3)  Surat pengantar ijin keramaian

e.   Surat DUKCAPIL yang terdiri dari :  
1)  Surat keterangan kelahiran  
2)  Surat permohonan KTP
 3)  Surat permohonan KK
 4)  Surat permohonan pindah
 5)  Surat keterangan kematian

5.  Penggunaan Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan dikelompokan menjadi 5
level pengguna yaitu : 
a.   Administrator  
Level administrator dikelola salah satu operator dari Dinas Kependudukan dan
 Pencatatan Sipil yang ditempatkan di Kecamatan pada desa tersebut. 
b.   Aparat Desa
Level aparat desa dikelola oleh lurah dan sekertaris desa maupun aparat desa
lain yang mempunyai tugas mengelola dan melayani kependudukan di desa
tersebut. 
c.   Ketua Rukun Warga (RW)
Level ketua RW dikelola oleh masing-masing ketua RW 
d.   Ketua Rukun Tetangga (RT) 
Level Ketua RT dikelola oleh masing-masing Ketua RT di desa tersebut.
e.   Penduduk
Level  penduduk  digunakan  oleh  warga  desa  yang  sudah  tercatat  sebagai
penduduk desa tersebut.

1.4    Tujuan Penelitian  
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun suatu
Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan tingkat desa guna meningkatkan kualitas
pelayanan bagi aparat desa dan penggunaan pelayanan bagi warga desa.

1.5    Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah :
1.   Bagi  penduduk,  diharapkan  dapat  membantu  mempermudah  dalam  proses
kegiatan pelayanan permohonan surat – surat kependudukan ditingkat desa.
2. Bagi desa, diharapkan sistem ini dapat mempermudah aparat desa dalam
pengumpulan data penduduk desa dan mempermudah melayani   penduduk atau
warga dalam permohonan surat surat.
  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 5

TEKNIK  PENGUMPULAN DATA MENGGUNAKAN METODE WAWANCARA   Wawancara adalah tanya jawab antara dua pihak yaitu pewawancara dan narasu...