Kamis, 18 Oktober 2018

Batch System

Batch System

Tugas 1


PENGERTIAN BATCH SYSTEM

Batch system adalah dimana job-job yang mirip dikumpulkan dan dijalankan secara kelompok kemudian setelah kelompok yang dijalankan tadi selesai maka secara otomatis kelompok laindijalankan. jadi dengan kata lain adalah teknologi proses komputer dari generasi ke-2. yang jika suatu tugas sedang dikerjakan pada 1 rangkaian, akan di eksekusi secara berurutan. Pada komputer generasi ke-2 sistem komputer nya maasih blum dilengkapi oleh sebuah sistem operasi. Tapi, dalam beberapa fungsi sistem operasi, seperti os yang tengah berkembang pada jaman sekarang ini. Contohnya adlah FMS ( Fortarn Monitoring System ) dan IBSYS.









Contoh sebuah Batch System adalah sebuah e-mail dan transaksi batch processing. Dalam suatu sistem batch processing, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, dan kemudian dientri ke dalam sistem secara periodik. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan berikutnya, transaction file dapat divalidasi lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan.

1. SISTEM BATCH
Pada tahun 1950-an yaitu saat munculnya komputer generasi pertama,muncul konsep ini yaitu dengan menggunakan job-job dalam satu angkatan,konsep ini merupakan cikal bakal dari sistem operasi selanjutnya,tujuan dari konsep ini adalah untuk meningkatkan utilitas CPU dalam menangani job-job yang ada.

 BENTUK DARI BATCH SYSTEM
ada 2 cara dalam Batch System yaitu :

1.Multi-programming
adalah salah satu teknik penjadwalan dimana tugas (task) yang sedang  berjalan tetap berjalan sampai ia melakukan operasi yang membutuhkan waktu untuk menunggu respon dari luar (external event), misalnya membaca data dari disket/CD/dsb, atau sampai komputer memaksa untuk menukar tugas yang sedang berjalan dengan tugas lainnya. Sistem operasi yang yang menggunakan multi-program sebagai scheduler-nya bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan CPU.

2.Multiprocessing
 adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang merujuk kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara serentak. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan dua CPU atau lebih dalam sebuah sistem komputer. Istilah ini juga dapat  merujuk kepada dukungan sebuah sistem untuk mendukung lebih dari satu prosesor dan mengalokasikan tugas kepada prosesor-prosesor tersebut.




Tugas 1
Batch System
(tugas 1) :
https://brigaspangestu504.blogspot.com/2018/10/batch-system.html 

Multiprograming (tugas 1) :
https://brigaspangestu504.blogspot.com/2019/08/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

Time Sharing
(tugas 1) :
https://brigaspangestu504.blogspot.com/2019/08/time-sharing-system.html

Paralel (multiprocessor)
(tugas 1)
https://brigaspangestu504.blogspot.com/2019/08/paralel-multiprocessor.html

Sistem Terdistribusi
(tugas 1) :
https://brigaspangestu504.blogspot.com/2019/08/sistem-terdistribusi.html

Sistem Clusrer
(tugas 1) :
https://brigaspangestu504.blogspot.com/2019/08/cluster.html

Real Time
(tugas 1) :
https://brigaspangestu504.blogspot.com/2019/08/sistem-real-time.html

Handheld (tugas 1) :
https://brigaspangestu504.blogspot.com/2018/10/handheld-system.html

Referensi :
http://onepersen4ever.blogspot.com/2014/04/pengertian-batch-system-bentuk-batch.html
http://rahmawatydirah.blogspot.com/2015/03/pengertian-batch-system-dan-2-bentuk.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 5

TEKNIK  PENGUMPULAN DATA MENGGUNAKAN METODE WAWANCARA   Wawancara adalah tanya jawab antara dua pihak yaitu pewawancara dan narasu...